Ahmad Hadi Yasin - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
24485
single,single-post,postid-24485,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive

Ahmad Hadi Yasin

Hadi, sapaan akrab Ahmad Hadi Yasin, M.A. atau sering disingkat dengan AHAY ini adalah alumni Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan, Madura.

Mulai menempuh pendidikan formal dari Madrasah Ibtidaiyah ”Mirqatush-Shibyan” (sekarang bernama Sumber Mas) yang sekaligus menjadi santri ”Nyolok” di Pondok Pesantren Sumber Mas, Rombiya Barat Ganding Sumenep, hingga tahun 1987 di bawah asuhan KH. Sanusi (Allahummaghfir lahu warhamhu). Melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah, yang juga sekaligus menjadi santri ”Nyolok” di Pondok Pesantren Sumber Payung, Batal Barat Ganding Sumenep, hingga tahun 1990 di bawah asuhan KH. Hasyim Thabrani (Allahummaghfir lahu warhamhu) dan KH. Ahmad Sa’duddin.

Melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi program studi S1 di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT, sekarang berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam atau STAI) Al-Khairat, Jurusan Pend. Agama Islam Pamekasan, sekaligus menjadi santri dan mengajar di Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan, hingga tahun 1996.

Penulis kelahiran Sumenep (Madura) 15 Juni 1970, ini sempat teringat kata-kata hikmah yang menyatakan bahwa “Ada dua orang yang tidak akan pernah merasa kenyang, yaitu orang yang menuntut ilmu dan orang yang mengejar harta.” Itulah sebabnya ia melanjutkan studi lagi dengan memperoleh beasiswa ke Universitas Al-Azhar Kairo, pada Fakultas Ushuluddin, Jurusan Akidah Filsafat.

Kemudian, menyelesaikan program studi S2 di American University di Kairo, pada Fakultas Islamic & Arabic Studies, Departemen Ushuluddin, Konsentrasi: Tafsir dan Ilmu-Ilmu Al-Qur`an di bawah bimbingan Prof. Dr. Al-Muhammady Abdurrahman Ats-Tsuls, seorang dosen yang juga menjabat sebagai Ketua Jurusan Tafsir dan Ilmu-Ilmu Al-Qur`an Fak. Dirasat Islamiyah Wal Arabiyah Univ Al-Azhar Kairo. Menyelesaikan tesis dengan Judul ”Al-Bi’ah Fi Dhau’il Qur`an Karim” (Lingkungan Hidup dalam Perspektif Al-Qur an): Kajian Tafsir Tematik, dengan dosen penguji Prof. Dr. Muhammad Sayyid Radhi Jibril, Ketua Jurusan Tafsir dan Ilmu-Ilmu Al-Qur`an Fak. Ushuluddin Univ. Al-Azhar Kairo, dan Dr. Muhammad Aly Sayyid Abu Aly, dosen Tafsir dan Ilmu-Ilmu Al-Qur`an Fak. Dirasat Islamiyah Univ. Al-Azhar Kairo. Sempat menjadi mahasiswa pada Ma’had Tahfidz Al-Qur`an di Masjid Khulafaurrasyidin Roxi (New Egypt) di bawah asuhan Syeikh Muhammad Jabir, seorang guru Al-Hafidz yang penuh kesederhanaan meski memperoleh anugerah keilmuan yang sangat tinggi.

Pernah aktif di beberapa organisasi, seperti Pembina Pramuka di Pondok Pesantren Sumber Payung Ganding Sumenep, Pondok Pesantren Sumber Mas Rombiya barat Ganding Sumenep dan Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan, Madura; Ketua Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Khairat Pamekasan; Pemimpin Redaksi Buletin Informatika, Kairo; Pemimpin Redaksi Jurnal Cakrawala Al-Azhar, Kairo; Sekjend. Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Orsat Kairo (2000-2002); Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Orsat Kairo (2002-2004); Anggota Dewan Pakar ICMI Kairo (2002-2004), dan ketua Komunitas Sastra Indonesia (KSI) Korda Kairo (2002-2004).

Suami dari seorang wanita bahagia berdarah Betawi asli bernama Maimunah ini pernah menjadi Manager Group Nasyid Best Light di Kairo dan berhasil melahirkan satu Album “Cahaya Hidup” (NCR Jakarta), Manager Dakwah dan Penerbitan CV Kuwais Media Kreasindo Jakarta. Tenaga Edukatif di Madrasah Aliyah Putri Pondok Pesantren Al-Mujtama – Plakpak (Pamekasan), dan Madrasah Aliyah Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan (Madura), Kontributor freelance Harian Umum REPUBLIKA di Kairo (1993-1994), Menjadi dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Khairat Pamekasan dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul Ulum Pamekasan (2004-2005) menjadi pelayan para tamu Allah alias TEMUS (Tenaga Musim) di Madinah Al-Munawwarah pada musim haji tahun 2000 dan relawan dakwah di Nanggro Aceh Darussalam pascatsunami, Februari 2005, Konsultan Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf (ZISWAF) Dompet Dhuafa Republika (2008).

Di antara karya-karyanya yang telah diterbitkan ialah:
1) Islam dan Wanita (Kairo 2003)
2) Meraih Rezeki Tak Terduga (Nama Pena : Ahmad Yasin Ibrahim), Penerbit QultumMedia Jkt. (ditulis bersama Bobby Herwibowo)
3) The Power of Akhlak: Menjadi Kesayangan Allah, QultumMedia Jakarta, (ditulis bersama Bobby Herwibowo)
4) Nafas Peradaban (Antologi Puisi bersama para penyair muda Kairo)
5) Kidung Cinta Sang Penyair, (Antologi Puisi bersama penyair muda Madura)
6) Kontekstualisasi Islam dalam Peradaban; Kairo.
7) Refleksi Santri Al-Azhar (Kumpulan kolom penulis muda Kairo).
8) Editor buku “Mutiara Dakwah KH. Didin Hafidhuddin”; Albi – Kuwais Jakarta.
9) Menjadi Ibu Dambaan Umat; (Terjemahan), GIP Depok.
10) Ensiklopedia Akhirat (bersama Tim Penerjemah Love Pustaka Jakarta), Tiga
Serangkai Solo.

Selama hampir 2 (dua) tahun aktif mengisi majelis keilmuan di Masjid “Al-Fajar” Kalitan Solo, dan Masjid Al-Bashir Sangrah-Pasar Kliwon Solo (Jawa Tengah) serta berbagai halaqah dan talk show, bedah buku dan event keislaman lainnya. Di samping tetap aktif dalam dakwah dan menulis, saat ini penulis aktif di Yayasan Wakaf Al-Muhajirin Pondok Kelapa, Jakarta Timur, sebagai imam masjid dan ustadz untuk melayani umat. Penulis dapat dihubungi melalui handphone 021-33679 557 dan 0817 9473 557 atau via email : hadi_ahay@yahoo.com /hadi_ahay@plasa.com.

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X