Beberapa Kelalaian Ketika Duduk di Antara Dua Sujud - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
24919
single,single-post,postid-24919,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive
kesalahan-duduk-sujud

Beberapa Kelalaian Ketika Duduk di Antara Dua Sujud

kesalahan-duduk-sujudDalam melaksanakan shalat mesti sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Banyak kesalahan atau kelalaian yang kerap dilakukan oleh seseorang yang shalat. Di antaranya ialah ketika duduk di antara dua sujud sehingga shalatnya tidak sempurna. Kelalaian ini di antaranya sebagai berikut.

1.  Mendahului imam dalam melakukan duduk di antara dua sujud.
Mendahului imam dalam shalat merupakan kelalaian umum dalam shalat, termasuk mendahului imam dalam melakukan duduk di antara dua sujud. Seseorang dalam shalat jamaah tidak diperbolehkan melakukan duduk di antara dua sujud sebelum imam melakukannya. Ia diperbolehkan untuk melakukan duduk di antara sujud ketika imam telah melakukannya.

2. Melakukan duduk di antara dua sujud bersamaan dengan imam.
Seorang makmum, selain dilarang mendahului imam dalam melakukan duduk di antara dua sujud, ia juga dilarang untuk melakukan duduk di antara dua sujud bersamaan dengan imam.

3. Duduk di atas dua tumit ketika di antara dua sujud.
Janganlah seseorang duduk di atas kedua tumitnya ketika duduk di antara dua sujud. Kecuali, apabila terdapat alasan atau yang menyebabkan ia melakukan yang demikian, seperti karena luka. Ketika itu, hukumnya adalah boleh.

4. tidak thuma’ninah ketika duduk di antara dua sujud.
Hendaknya setiap orang yang melakukan setiap gerakan shalat dengan thuma’ninah (tenang sebentar), termasuk ketika melakukan duduk di antara dua sujud. Karena, syarat sahnya duduk di antara dua sujud adalah dengan thuma’ninah. Rasulullah saw pernah menyuruh seseorang untuk mengulangi shalat, karena ia mengerjakan shalatnya tidak dengan thuma’ninah.

5. tidak membaca takbir intiqal.
Terdapat pemahaman yang keliru dalam masalah takbir intiqal. Sebagian orang menganggap bahwa melafalkan takbir intiqal hanya kewajiban bagi imam saja. Makmum tidak diwajibkan untuk melafalkannya. Yang benar adalah ketika seseorang akan duduk di antara dua sujud dan setelahnya, ia diwajibkan untuk melafalkan takbir intiqal. Demikian juga, ketika ia berpindah dari satu gerakan shalat ke gerakan yang lain juga diperintahkan untuk melafalkan takbir intiqal.

Rasulullah saw bersabda, “Jika Anda sujud, kokohkanlah wajah dan tangan Anda. Sehingga, semua persendian Anda telah tenang dan kembali ke posisinya.” (HR Ibnu Khuzaimah)

6. Menggerak-gerakkan jari-jari
Menggerak-gerakkan jari-jari ketika duduk di antara dua sujud merupakan suatu kelalaian karena tidak dicontohkan Rasulullah saw. Yang benar adalah ketika seseorang duduk di antara dua sujud, tidak perlu menggerak-gerakkan jari-jarinya.

Tentu saja masih banyak lagi kelalaian dan kesalahan yang dilakukan seorang muslim dalam shalatnya. Lebih lengkapnya, Anda bisa membacanya di buku “500 Kelalaian Dalam Shalat” terbitan QultumMedia. Di dalam buku yang ditulis oleh Akhmad Faozan, Lc., M.Ag. ini membahas seputar kesalahan-kesalahan dalam shalat yang kerap dilakukan seorang muslim.

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X