Cara Cerdas dan Tepat Berinvestasi Syariah - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
25116
single,single-post,postid-25116,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive
SuperCerdasInvestasiSyariah

Cara Cerdas dan Tepat Berinvestasi Syariah

SuperCerdasInvestasiSyariahIslam selalu menghendaki segalanya untuk kebaikan. Begitu pula dalam hal kegiatan ekonomi, Islam mengarahkan agar umatnya melakukan kebaikan dengan cara yang baik dan halal. Salah satu bagiannya ialah dalam ranah investasi. Namun, ada prinsip-prinsip yang harus selalu diperhatikan dalam transaksinya, seperti ridha sama ridha, adil, saling menguntungkan, produk halal, dan tidak ada kecurangan.
Menurut jenisnya, investasi dibedakan menjadi dua. Pertama, investasi aset keuangan, seperti perbankan, deposito, dan saham. Kedua, investasi aset riil, seperti tanah, properti, logam mulia, industri, dan pertanian. Dalam persepektif Islam, investasi sangat dianjurkan karena dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Artinya, agar meningkatnya transaksi jual-beli, simpan-pinjam, sewa-menyewa, gadai, dan kegiatan ekonomi lainnya. Di dalam salah satu ayat Al-Qur`an, Allah SWT berfirman, “… Supaya harta itu jangan hanya beredar di antara orang-orang kaya saja di antara kamu…” (QS Al-Hasyr: 7).

Perintah memberbadayakan aset kekayaan agar bisa dirasakan oleh masyarakat dari berbagai kelompok sosial lain, juga tercermin dalam perintah zakat. Melalui alokasi kadar zakat sesuai jenis perolehannya, seperti 2.5%, 5%, 7.5%, atau 10%, akan terkikis kesenjangan ekonomi antarumat sehingga tercipta keselarasan hidup dalam membina ekonomi yang lebih baik, jujur, dan saling menjaga. Tidak ada rasa iri dari si miskin ke si kaya, juga tidak ada rasa sombong dari si kaya ke si miskin.

Selanjutnya bagaiaman aplikasi ekonomi dan investasi dalam Islam tersebut? Apa saja jenis investasi syariah? Apakah investasi syariah lebih menguntungkan daripada investasi konvensional? Apa saja yang perlu diperhatikan dalam investasi syariah? Buku Supercerdas Investasi Syariah karya Wiku Suryomurti ini akan memandu Anda dalam memahami kaidah-kaidah perncanaan keuangan, ekonomi, dan investasi sesuai ajaran Islam.

Di dalam buku terbitan QultumMedia ini dibahas pula secara detil tentang konsep-konsep ekonomi syariah dan investasi di dalamnya, mulai dari pengertian investasi, penjelasan ekonomi Islam, menyusun rencana investasi, risiko investasi serta pandangannya menurut Islam, jenis-jenis investasi, investasi sektor riil dan non-riil, hingga menyusun portofolio investasi.

Buku ini disajikan dengan bahasa yang renyah dan aplikatif serta menghadirkan wacana baru tentang investasi syariah di tengah sistem ekonomi kapitalis yang telah menggurita sekarang ini. Buku ini memberikan pencerahan kepada kita tentang cara yang cerdas dan tepat berinvestasi syariah. Menurut hemat kami, bagi Anda yang ingin berinvestasi secara menguntungkan, baik di dunia maupun di akhirat, buku ini sangat tepat dijadikan rujukan.

 

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X