Cara Menghilangkan Malas Ibadah - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
25444
single,single-post,postid-25444,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive

Cara Menghilangkan Malas Ibadah

Tanya
Gimana caranya menghilangkan rasa malas, apalagi dalam urusan ibadah?
~Ambami ‏@nrlambami  

Jawab
Ambami yang dirahmati Allah…
Manusia diciptakan oleh Allah untuk beribadah kepada-Nya. Ibadah merupakan perwujudan rasa syukur manusia kepada Tuhan-Nya atas segala nikmat yang telah dianugerahkan kepada mereka.

Lalu, mengapa kadang kita malas beribadah? Memang sih, iman itu kadang naik kadang turun, kadang kita semangat ibadah dan kadang malas. Ketika kita semangat ibadah, ini tentu sangat baik. Yang jadi masalah dan harus kita cari penyebab serta solusinya adalah ketika kita sedang malas ibadah. Bisa jadi, penyebab kita malas ibadah karena ada masalah dengan diri kita sendiri seperti sedang sakit atau banyak pikiran, dengan lingkungan kita seperti tempat yang membuat kita jenuh, dengan teman atau saudara kita seperti terjadi permusuhan, atau bermasalah dengan makanan dan minuman kita, baik yang berkaitan dengan kehalalannya maupun kesehatannya. Dan, bisa jadi juga kesenangan dunialah yang menyebabkan kita lalai dan malas beribadah.

Lantas, apa yang harus dilakukan agar kita tidak malas beribadah?
1.    Silaturrahim ke teman atau komunitas yang ‘hobi’ ibadah;
2.    Kuatkan tekad bahwa kita ingin disayang Allah;
3.    Tambahkan ilmu agama kita dengan membaca buku-buku agama dan menghadiri pengajian;
4.    Ingatlah bahwa kematian selalu mengintai siapa pun, kapan pun dan di mana pun;
5.    Sering berdoa sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah, “Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, dari sifat penakut dan kerentaan. Aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian dan aku berlindung kepada-Mu dari azab kubur.” (HR. Bukhari)
Demikian, semoga kita termasuk orang-orang yang selalu semangat dalam menggapai rahmat dan inayah-Nya. Amin.


#KlinikHati no. 2; ed. II; Oktober 2013
Bersama H.A. Fulex Bisyri, alumnus Universitas Al-Azhar, Mesir; Pemimpin Redaksi Qultummedia; Pengasuh Pondok Pesantren El-Alamia Bogor.

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X