Cara Mudah dan Selamat Pergi Haji dan Umrah - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
24663
single,single-post,postid-24663,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive
mudah-haji-umrah

Cara Mudah dan Selamat Pergi Haji dan Umrah

Tanggal 23 Oktober 2009, jamaah haji Indonesia kloter pertama telah berangkat ke Arab Saudi. Mereka akan melakukan perjalanan ibadah haji kurang lebih selama 39 hari. Untuk pemberangkatan kloter haji gelombang I, dari Jeddah, mereka akan langsung diberangkatkan ke Madinah.
 

Adapun pemberangkatan kloter haji gelombang II, langsung diberangkatkan ke Mekkah. Setelah menjalani haji di Armina dan tawaf wada, baru mereka diberangkatkan ke Madinah.

Ritual ibadah haji sangat berat. Oleh sebab itu, syarat-syarat ibadah haji berbeda dengan syarat-syarat lainnya. Salah satunya ialah adanya kemampuan, baik secara finansial, fisik, maupun situasi keamanannya. Perjalanan yang ditempuh pun sangat jauh, memakan biaya dan tenaga.

Kondisi prima ketika melaksanakan ibadah haji adalah menjadi tuntutan mendasar. Fisik yang lemah akan mengakibatkan terhambatnya kelancaran beribadah di sana. Bahkan, bisa mengakibatkan sakit dan kematian. Pasalnya, Arab Saudi memiliki iklim empat musim. Jika dingin, suhunya seolah menusuk tulang. Jika panas, suhunya seakan membakar kulit. Bukan iklim tropis seperti di Indonesia.

Selain itu, ketika melaksanakan ibadah haji, kita berkumpul bersama jutaan muslimin lainnya dari berbagai belahan dunia. Kondisi ini memaksa kita harus mawas terhadap segala hal. Jika tidak, kita bisa kerepotan dibuatnya. Misalnya, terpisah dari rombongan, tersesat, dan terinjak atau terjepit oleh jamaah lain.

Bagi jamaah haji Indonesia, hal-hal di atas sangat penting diperhatikan dengan membuat persiapan sematang-matangnya. Di antaranya, mulai dari memilih biro perjalanan,  bimbingan manasik haji, persiapan mental, spiritual, ilmu, dan materi, hingga perlengkapan perjalanan ibadah haji. Persiapan-persiapan ini akan menjadi bekal yang paling berharga ketika di sana.

Jika Anda belum mengetahui secara detilnya, QultumMedia menerbitkan buku “Panduan Pintar Haji & Umrah” yang disusun oleh Ust. H. Bobby Herwibowo, Lc & Hj. Indriya R. Dani, S.E. Buku ini akan sangat membantu Anda menempuh cara mudah dan selamat menjalankan ibadah haji dan umrah.

Buku ini berisi kelengkapan informasi yang dibutuhkan oleh calon jamaah haji dan umrah, mulai dari persiapan di tanah air, saat pemberangkatan, ketika pelaksanaan ibadah haji, panduan kegiatan di luar ibadah haji, sampai saat pemulangan ke tanah air.

Alhasil, buku ini menjadi kompas yang membantu Anda menentukan arah dan sikap selama perjalanan ibadah haji. Tujuannya, agar Anda tidak mengalami hal-hal yang tidak didinginkan. Semuanya demi menunjang kelancaran dan kekhusyukan ibadah Anda sehingga menjadi haji yang mabrur.

Labaika allahumma labaik, Labaika laa syariika laka labaik
Innal hamda wani’mata laka walmulku laa syariika laka

 

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X