Cara Tepat Merawat Kehamilan - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
24648
single,single-post,postid-24648,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive
kehamilan-1

Cara Tepat Merawat Kehamilan

Kehamilan merupakan peristiwa yang sangat menakjubkan. Dari mulai terjadinya pembuahan (konsepsi) hingga proses pertumbuhan janin di dalam rahim, menunjukkan betapa tak berdayanya makhluk di hadapan Sang Khalik, betapa besar kasih sayang-Nya, dan betapa luas ilmu-Nya.

Dalam ketakberdayaan itu, dalam naungan rahman dan rahim-Nya, dan dalam keterbatasan ilmu kita sebagai manusia di hadapan-Nya yang Mahaluas, Dia mengembankan kewajiban kepada kita untuk tetap berdoa dan berikhtiar dalam upaya menggapai kondisi ibu dan bayi yang sehat. Dalam hal ini, yang harus kita pahami, doa dan ikhtiar adalah satu kesatuan yang padu.

Sering kali kita berkata, “Kita sudah berikhtiar, sekarang tinggal berdoa.” Dengan berucap demikian, tanpa disadari kita telah menomorduakan doa. Padahal, apabila kita renungkan, yang harus kita jadikan pokok pangkal segala sesuatu—terlebih lagi masalah kehamilan—adalah kemahakuasaan Sang Pencipta. Karenanya, doa semestinya menyatu dengan ikhtiar.

Banyak hal yang harus kita pahami di dalam doa dan ikhtiar itu. Mulai dari masalah niat hingga teknis pelaksanaannya. Termasuk di dalamnya skala prioritas yang harus dibuat dan dipatuhi, karena tidak jarang kita mengedepankan hal-hal kurang penting dan meninggalkan sejumlah hal yang sangat penting. Misalnya, kita lebih senang membelanjakan uang yang ada di tangan untuk acara Tujuh Bulanan—yang lebih mengarah pada ritual adat atau tradisi—daripada menggunakannya untuk pemeriksaan kehamilan secara terjadwal.

Sering pula kita mengabaikan berbagai hal yang kita anggap sepele, seperti pola makan yang baik dan menyiapkan kebutuhan menjelang persalinan. Namun, yang juga perlu diingat adalah kebutuhan itu tidak sama dengan keinginan. Menyiapkan popok dan pakaian bayi adalah kebutuhan, tapi menyiapkan segalanya dengan membeli produk yang mahal-mahal, itu adalah keinginan atau nafsu saja.

Sebagaimana dijelaskan secara lengkap di dalam buku Panduan Pintar Kehamilan untuk Muslimah (QultumMedia, 2009) bahwa terdapat berbagai langkah yang mesti dilakukan oleh ibu hamil. Mulai dari menyongsong kehamilan, pada fase kehamilan trimester pertama sampai ketiga, hingga menuju persalinan.

Penulisnya, Yazid Subakti, S.Si. dan Deri Rizki Anggarani, S.Gz. memberikan langkah tepat agar sang ibu dan bayi yang dikandung selamat dan sehat. Yang juga sekaligus menggabungkan antara doa dan ikhtiar.

Langkah-langkah ini akan menekan risiko ibu hamil dan sekaligus mendorong tingkat kualitas kelahiran yang diharap oleh semua orang. Bayi sehat, kuat, dan cerdas, dan ibu pun selamat.

 

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X