dr. Sagiran, M. Kes. - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
24384
single,single-post,postid-24384,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive

dr. Sagiran, M. Kes.

dr. Sagiran, M. Kes. Lahir di Bantul, 8 Juni 1968. Suami dari dr. Tri Ermin Fadlina, M.Kes. dan ayah dari Azzam Hizburrahman, Munifah Ashlihati, dan Zahida Nur Baiti ini mengawali karier kedokterannya setelah lulus sebagai Mahasiswa Kedokteran di Fakultas Kedokteran UGM tahun 1993.

Setelah itu, ia melanjutkan studinya di Program Pascasarjana UGM Magister Kesehatan Bidang Dasar Minat Anatomi  (M.Kes) dan lulus tahun 2000. Mulai tahun 2002 hingga saat ini, ia mendalami pendidikan dokternya di program Pendidikan Spesialis Bedah FK UGM/RS Sardjito Yogyakarta (Sp.B).

FIMA (Federation of Islamic Medical Association) memperkenalkannya pada dunia Kedokteran Islam. Sejak mengikuti Forum itu di Sarajevo Bosnia dan Thaif Saudi Arabia tahun 2000, ia menekuni banyak referensi tentang Spiritual Healing and Prophetic Medicine dan ”berguru” kepada Prof.Omar Hasan Kasule, Ph.D (Harvard University) yang saat menjabat sebagai Deputy Dean di Faculty of Medicine International Islamic, University Malaysia.

Berbagai tulisan, seminar, ceramah dan kajian ia ikuti untuk menambah pemahamannya tentang kedokteran Islam. Penelitiannya mengenai Pengaruh gerakan shalat (duduk pembakaran) terhadap fungsi peredaran darah kolateral serta Manfaat gerakan senam ergonomis terhadap daya tahan kardiorespirasi (kebugaran) telah diselesaikan. Bahkan penelitiannya yang kedua sempat dipresentasikan di FIMA forum pada Juli 2006 dan dipublikasikan di majalah IMANA (Islamic Medical Association of North America).

Beberapa amanah profesi yang pernah dan masih ia jalankan antara lain Dokter PTT di Puskesmas Ngampilan Yogyakarta (1994-1997), Pelaksana Medis RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta (1994-2001), Pelaksana Medis Klinik Nur Hidayah (2000-2001), Assisten Pembantu Dekan I FK UMY (1997-1999), Pembantu Dekan I FK UMY (1999-2002). Saat ini iamasih menjabat sebagai Pendiri dan penanggungjawab bidang kesehatan Yayasan Nur Hidayah dan Staf Pengajar Bagian Anatomi FK UMY.

Ia juga sempat menjadi utusan delegasi di bererapa forum kesehatan internasional, antara lain Cooperative Education Suranaree University Thailand (1999), Euro-Asian Dialogue Shiam University Thailand (2000), dan Visiting Lecturer, Dept. of Anatomy in International Islamic University Malaysia (2001).

Beberapa publikasi dan buku yang pernah ia hasilkan antara lain Thaharah, Sholat dan Dzikir menurut Pandangan Medis (2003), Islamic Revealed Knowledge sebagai Ciri Kampus Islami (2005), Eugenika dalam Pelayanan Medis, Tinjauan Hukum Islam RENAI (2006), Islam dan Etika Kedokteran PSKI FK UMY (2000), Evolution Toward Better Ummah (PSKI FK UMY, 2005), Panduan Etika Medis (PSKI FK UMY, 2006), Mukjizat Gerakan Sholat (Qultum Media, 2006).

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X