Fakta Unik di Balik Pesantren - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
25627
single,single-post,postid-25627,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive
santri-depan

Fakta Unik di Balik Pesantren

santri-depanSeperti halnya siswa di sekolah umum, para santri di Pesantren pun memiliki banyak cerita unik yang bisa dibahas. Ada saja kejadian-kejadian tak terduga yang bisa bikin kamu bengong, tidak percaya, bahkan tertawa. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya.

santri2Seperti halnya siswa di sekolah umum, para santri di Pesantren pun memiliki banyak cerita unik yang bisa dibahas. Ada saja kejadian-kejadian tak terduga yang bisa bikin kamu bengong, tidak percaya, bahkan tertawa. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya.

Terlihat tegar, padahal melow
Sebagian besar para santri biasanya akan menginap di pesantren. Momen ini biasanya jadi ajang yang paling seru untuk dibahas. Yup, selama di pesantren para santri terlihat tegar dan mandiri saat berjauhan dengan orangtuanya. Padahal, awal-awal mereka berpisah ada saja yang melow dan sedih terutama saat malam menjelang. Hayo, siapa di antara kamu yang seperti itu? Wajar, kok. Asal jangan keterusan ya.

Bebas nongkrong, padahal pukul 10 malam lampu sudah harus padam
Jauh dari orangtua itu artinya bebas nongkrong hingga jam barapa saja. Salah! Meski kamu jauh dari orangtua, tapi peraturan tetaplah peraturan. Hampir setiap pesantren mewajibkan santrinya untuk tidur tepat waktu. Bahkan, ada yang menerapkan pukul 10 malam semua lampu di pesantren sudah harus mati. Masih mau bilang bebas nongkrong semalaman?

Makan sepuasnya, padahal makan seadanya dan harus berbagi
Kalau kamu pikir makan di pesantren itu mewah, lupain deh! Kamu bisa dapat makanan “mewah” kalau orangtuamu datang berkunjung. Yang ada, di pesantren kamu akan makan seadanya. Cukup nasi, cukup lauk, dan cukup sayur. Nggak hanya itu, kamu pun diharapkan untuk bisa menakar porsi makanmu sendiri. Ya, kamu harus berbagi dengan santri-santri lainnya. Tidak boleh dihabiskan sendirian. Tapi, di situlah letak kenikmatannya. Kamu akan merasakan kebersamaan yang sangat mendalam.

Peraturan dan disiplin yang ketat
Kalau di rumah atau sekolah umum kamu bisa merasa sedikit “bebas” lain halnya dengan pesantren. Peraturan di pesantren sangat ketat dan disiplinnya sangat tinggi. Lagi asyik-asyiknya mimpi, pukul 3 atau 4 pagi kamu sudah dibangunkan untuk mulai menjalankan ibadah dan aktivitas. Hal ini yang menjadikan kamu—para santri—terbiasa bangun sebelum ayam jantan berkokok. Tidak hanya badan yang segar, tetapi juga pikiranmu.

Nah, itulah beberapa fakta unik yang bisa kamu temui di pesantren. Bukan bermaksud menakut-nakutimu, lho. Tapi apa pun yang terjadi di pesantren, tidak akan membuatmu rugi kok. Semangat, ya!

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X