H.A. Hidayat, Lc. - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
24387
single,single-post,postid-24387,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive

H.A. Hidayat, Lc.

Lahir 15 Juli 1977 di sebuah desa kecil Pasir Mukti, Citeureup, Bogor – Jawa Barat.  Pria dari delapan bersaudara ini semenjak kecil sudah memiliki kecintaan besar terhadap ilmu agama. Sekalipun baru berumur 10 tahun, setiap setelah shalat ashar dan maghrib ia hampir tidak pernah absen pergi ke rumah gurunya bersama teman-teman sebayanya untuk mengaji Al-Qur`an dan kitab kuning.

Pendidikan sekolah dasarnya selesai pada tahun 1990 di Sekolah Dasar Negeri Dukuh, di desa tempat kelahirannya. Selain itu, pada tahun-tahun yang sama, ia juga ikut masuk pendidikan sekolah agama tingkat dasar (Madrasah Ibtidaiyah) setelah pulang dari sekolah dasar.

Kecintaan orangtuanya terhadap ilmu agama dan menaruh harapan besar agar anaknya menjadi seorang cendekiawan muslim, mereka memasukkannya ke sekolah lanjutan agama Madrasah Tsanawiyah di Pondok Pesantren Al-Marfu’iyah, Cibadak – Sukabumi. Dari sinilah ia memulai petualangannya hidup jauh dari orangtua demi mencari ilmu.

Selepas Madrasah Tsanawiyah, pada tahun 2003 ia melanjutkan ke Madrasah Aliyah (MA) di Pondok Pesantren Aulia, Cibungbulang – Bogor. Dengan bertambah pengetahuan dan cita-citanya, seusai tamat MA, pada tahun 2006 ia memberanikan diri melanjutkan kuliah ke Al-Azhar, Cairo – Mesir.

Di Al-Azhar, ia memilih fakultas dan jurusan yang paling dianggapnya sangat sesuai dengan kebutuhannya di masyarakat, lalu ia masuk Fakultas Syari’ah jurusan Syari’ah Islamiyah. Selama duduk di bangku kuliah, ia juga tercatat dan aktif di beberapa organisasi, seperti Persatuan Pelajar Muslim Indonesia (PPMI – Orsat Cairo), Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI – Orsat Cairo), dan organisasi kekeluargaan Paguyuban Jawa Barat. Dan, ikut aktif mengembangkan dunia tulis menulis di buletin mahasiswa.

Pada tahun 2001 ia berhasil menyelesaikan program S1-nya di Fakultas Syari’ah Al-Azhar. Kemudian, pada tahun yang sama ia melanjutkan program S2 Dirasat Islamiyah wal ‘Arabiayah di Jami’ah Al-Amrika Maftuhah dengan mengambil jurusan yang sama dan di kota yang sama pula. Namun, kerinduannya kepada tanah airnya, ia mengambil keputusan untuk pulang ke Indonesia, dan tidak melanjutkan program S2-nya.

Sesampainya di Indonesia, ia menjadi pengajar di Madrasah Aliyah Al-Hikmah dan Universitas Asia Afrika, Kampus IV. Namun, kemudian ia beralih terjun di bidang perbukuan. Sampai saat ini, ia membuka forum zakat di http://zakatulislam.blogspot.com. Penulis bisa dihubungi melalui email: adehidayatmail@gmail.com  

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X