Kalkulator Zakat - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
24362
single,single-post,postid-24362,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive

Kalkulator Zakat


KALKULATOR ZAKAT

Software kalkulator zakat Tazkiyah ini merupakan pengembangan dari kalkulator atau software penghitungan zakat, yaitu untuk memberikan kemudahan dalam penghitungan zakat secara praktis sebagaimana yang terdapat di dalam buku "Panduan Pintar Zakat" sebagai panduan pokok dari CD Software Tazkiyah ini. Maka, penggunaan software ini mesti disertai juga dengan buku tersebut, sebab metodologi, sebab masalah penghitungan, dalil, berikut aspek-aspek yang terdapat di dalam fikih zakat terdapat di dalam buku  tersebut.

Dengan demikian, mengingat aktivitas usaha, bisnis, pekerjaan, dan sumber-sumber penghasilan lain yang sangat variatif dan kompleks, Software Tazkiyah ini belum bisa mewakili semua jenis aktivitas-aktivitas tadi. Artinya, software ini hanya mengikuti garis global jenis aktivitas-aktivitas usaha pendapatan, seperti pertanian, perdagangan, profesi, harta simpanan, dan peternakan. Sedangkan, jenis-jenis pendapatan dan pengeluaran dari setiap jenis usaha pendapatan tersebut tentu masih ada yang terlewatkan, sebab kondisi dan jenis aktvitas di dalamnya akan berbeda-beda, baik pendapatan, aset tetap, maupun pengeluaran atau tanggungan. Misalnya, setiap pedagang pasti memiliki aset dan barang dagangannya, dan mengetahui spesifikasi harta yang dimilikinya, apakah itu harta haram, subhat, atau halal, apakah itu jenis tertahan atau milik sendiri. Selain itu, ia juga kemungkinan memiliki pendapatan lain selain dari harta dagangannya. Selain pendapatan, ia juga memiliki tanggungan atau pengeluaran yang semestinya dikeluarkan, yakni sebagai pengurang zakat. Tentu, tanggungan atau pengeluaran ini sangat variatif.

Mengingat hal di atas, maka untuk mengetahui secara detil tentang spesipikasi dari jenis-jenis pendapatan yang wajib dikenakan zakat, spesipikasi harta yang tidak wajib kena zakat, spesifikasi pengeluaran yang bisa dikurangkan dan tidak bisa dikurangkan kepada penghitungan zakat mesti merujuk kepada buku tersebut, Yaitu buku "Panduan Pintar Zakat".

Bagi pengguna software Tazkiyah ini, kami harap tidak mengubah script atau kode program yang terdapat di dalamnya. Sebab, dengan adanya perubahan kode program tersebut, akan ada kesalahan variabel penghitungan, bahkan bisa tidak berfungsi sama sekali. Sedangkan, apabila ada keinginan untuk memberikan koreksi atau pengembangan dari software ini, kami berharap menghubungi penyusun software Tazkiya melalui email: adehidayatmail@gmail.com atau penerbit QultumMedia di email: qultummedia@yahoo.com

Allaahumaghfirlii wa zidni ‘ilman naafi’an

Wassalam,

Penyusun dan Pengembang Software Zakat Tazkiyah

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X