Manfaat Dahsyat Puasa Wajib dan Sunah - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
25308
single,single-post,postid-25308,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive
dahsyatnya-puasa-wajib-sunah

Manfaat Dahsyat Puasa Wajib dan Sunah

dahsyatnya-puasa-wajib-sunahFakta besarnya manfaat puasa telah dibuktikan oleh banyak ilmuwan dari zaman ke zaman. Misalnya, dua filosof terkenal dunia, Socrates dan Plato telah membuktikan bahwa puasa dapat menjaga vitalitas pikiran dan mencerdaskan otak. Alexis Carrel, seorang dokter peraih Nobel kedokteran, menyatakan bahwa puasa memiliki efek dahsyat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Dr. Yuri Nikolayev, direktur rumah sakit jiwa Moskow, menyebutkan bahwa salah satu penemuan terpenting ada ke-21 adalah puasa dapat membuat seseorang awet muda secara fisik, mental, dan spiritual.

 

Pendapat para ilmuwan ini, hampir juga sejalan dengan sabda Rasulullah tentang manfaat puasa secara lahiriyah. “Berpuasalah kamu sekalian, niscaya kalian akan sehat.” (HR. Muslim). Bahkan, puasa juga telah diwajibkan kepada umat-umat terdahulu sebelum diutus Muhammad saw. Puasa menjadi media ibadah untuk mendekatkan diri yang sangat efektif. “Hendaklah kamu berpuasa, karena puasa itu ibadah yang tidak ada tandingannya.” (HR. Ahmad, Nasa’I, dan Hakim).

Salah satu hikmah teladan dari puasa umat terdahulu ialah puasanya Nabi Daud as. Ia seorang nabi yang mendapatkan beberapa keistimewaan dari Allah SWT. Selain sebagai nabi, ia juga sebagai raja yang memiliki kekuatan luar biasa dalam menghadapi musuh-musuhnya. Ia mampu mematahkan besi yang kokoh sehingga para musuhnya gentar. Kharismatiknya mampu mengundang kagum lawan dan disegani oleh lawan. Suaranya yang merdu membuat burung-burung merasa kagum dan bertasbih dengannya.

Sebagaimana sabda Rasulullah, puasa Daud merupakan puasa terbaik. “Berpuasalah sehari dan berbukalah sehari. Itulah puasa Daud. Itu adalah puasa yang paling utama.” (HR Bukhari). Nah, dari sinilah kita bisa melihat benang merahnya. Di balik semua keistimewaan yang dimiliki Nabi Daud as, rahasianya adalah dari kedahsyatan puasa yang dilakukannya. Nabi Daud telah menjadikan puasa sebagai proses self controlling, tazkiyah, dan taqarrub ilallah sehingga beliau mendapatkan anugerah keistimewaan dari Allah SWT.

Kisah keajaiban puasa lainnya, Anda bisa juga membaca kisah Jalut dan Thalut dan kisah perang Tabuk atau Badr. Lebih jelasnya lagi, Anda bisa menemukan secara utuh di dalam buku “Dahsyatnya Puasa Wajib & Sunah” terbitan QultumMedia. Selain mengupas manfaat dan tata cara puasa yang baik dan benar sesuai tuntunan Rasulullah, juga Anda dapat termotivasi untuk mengamalkannya.

Buku ini ditulis oleh Amirulloh Syarbini & Sumantri Jamhari yang akan memberikan suguhan kisah-kisah menakjubkan para pengamal puasa pada bagian pertama. Selanjutnya, penulis membahas bukti-bukti ilmiah manfaat puasa, panduan puasa wajib dan sunah, dan berbagai hal yang mesti diketahui oleh setiap orang yang berpuasa.

 

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X