Menyikapi Hidup dengan Sabar - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
24608
single,single-post,postid-24608,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive
hikmah-sabar

Menyikapi Hidup dengan Sabar

Saya dan Anda pasti pernah mengalami masalah dan cobaan. Bahkan, di antara kita, banyak yang mengalami musibah berat. Inilah dinamika hidup. Kita tidak bisa menghindar dari hukum yang telah ditetapkan Allah. Suka-duka, baik-buruk, kadang datang silih berganti.

Adanya masalah dan cobaan bagi setiap orang ini bisa dijadikan salah satu barometer kualitas seseorang. Sejauh mana ia bisa berusaha dan bersabar dalam menghadapi dan menyelesaikannya. Tingkat kualitas ini, juga menggambarkan tentang keimanan seseorang. Apakah sejati atau lemah?

Rasulullah SAW bersabda,
“Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya mengandung kebaikan. Dan, hal itu tidak akan dimiliki kecuali oleh orang yang beriman.(Yaitu), jika mendapatkan kesenangan, ia bersyukur. Hal itu merupakan suatu kebaikan. Dan, jika tertimpa kesusahan, ia bersabar. Itu juga merupakan kebaikan.” (HR Muslim).

Selain itu, masalah dan cobaan bisa menjadi lahan pembelajaran dalam hidup. Tidak akan ada orang besar, sukses, bahagia, dan mencapai derajat takwa, sebelum dirinya bisa bersabar. Kesabaran inilah yang mencetak dirinya menjadi kuat, konsisten, kaya pengalaman, matang, dan lebih dekat kepada petunjuk Allah SWT sehingga dicintai-Nya.

Sabar merupakan kunci keberhasilan dalam berbagai aspek. Para nabi dan rasul Allah, mereka mendapatkan kemenangan gemilang dan memperoleh derajat mulia di sisi Allah, karena mereka bisa bersabar. Yakni, bersabar di dalam menjalankan ketaatan, bersabar di dalam menghadapi musibah, dan bersabar di dalam meninggalkan kemaksiatan.

Kita tidak mungkin tumbuh normal seperti sekarang, jika orangtua kita tidak sabar merawat kita. Kita tidak mungkin menikmati petunjuk Islam jika para ulama dahulu tidak sabar berdakwah. Kita juga tidak mungkin bisa hidup merdeka jika para pejuang kemerdekaan tidak bersabar menghadapi kejamnya penjajah. Dan lain sebagainya. Begitulah seterusnya.

Sabar menjadi media paling ampuh dan efektif dalam menghadapi segala persoalan hidup. Bagaimana dengan Anda, apakah sudah bersabar? Jika belum, ikutilah mereka yang telah berhasil membuka rahasia hidup karena kesabarannya. Sebagaimana yang tertuang di dalam buku Hikmah Sabar yang ditulis oleh Pracoyo Wiroutomo ini.

Adapun jika sudah, sempurnakanlah melalui buku yang diterbitkan QultumMedia ini. Anda akan menemukan guratan variasi kehidupan masing-masing yang mengharukan. Baik-buruk, bahagia-sengsara, sabar-kufur, gagal-sukses menjadi bumbu yang sangat beraroma dan mampu membangkitkan keinginan Anda untuk mengikuti mereka.

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X