Menyusui di Luar Rumah Itu Mudah - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
25516
single,single-post,postid-25516,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive
moms-head

Menyusui di Luar Rumah Itu Mudah

Bagi ibu yang sedang beraktivitas di luar rumah bersama si kecil, aktivitas menyusui  mungkin kerap menjadi salah satu problem yang dihadapi. Karena ibu tentu saja tidak bisa menyusui sebebas ketika di rumah. Namun, kita tak perlu khawatir karena kita tetap bisa menyusui si kecil dengan nyaman. 

Jika kita berada di area publik, cobalah untuk mencari ruangan menyusui atau nursing room. Ruangan ini biasanya ditemui di pusat perbelanjaan seperti mal, atau di bandara, terminal, dan kantor. Jika tidak ada ruangan menyusui, kita dapat melakukan beberapa tips berikut agar tetap bisa menyusui dengan nyaman.

Kenakan pakaian dengan desain khusus untuk ibu menyusui (kancing atau bukaan di bagian dada) untuk kemudahan, dan meminimalisir bagian tubuh yang terbuka saat menyusui.

moms-head

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagi ibu yang sedang beraktivitas di luar rumah bersama si kecil, aktivitas menyusui  mungkin kerap menjadi salah satu problem yang dihadapi. Karena ibu tentu saja tidak bisa menyusui sebebas ketika di rumah. Namun, kita tak perlu khawatir karena kita tetap bisa menyusui si kecil dengan nyaman. 

Jika kita berada di area publik, cobalah untuk mencari ruangan menyusui atau nursing room. Ruangan ini biasanya ditemui di pusat perbelanjaan seperti mal, atau di bandara, terminal, dan kantor. Jika tidak ada ruangan menyusui, kita dapat melakukan beberapa tips berikut agar tetap bisa menyusui dengan nyaman.

• Kenakan pakaian dengan desain khusus untuk ibu menyusui (kancing atau bukaan di bagian dada) untuk kemudahan, dan meminimalisir bagian tubuh yang terbuka saat menyusui.

• Pilih gaya hijab yang menutupi dada agar bisa digunakan sebagai pengganti apron (kain penutup) saat menyusui.

• Menyusui bayi di tempat yang tidak ramai agar ibu dan bayi merasa nyaman.

• Menyusui bayi sebelum masuk ke tempat yang baru ia kunjungi untuk mencegah si kecil rewel.

• Ketika akan bepergian, rapikan si kecil terlebih dahulu sebelum kita berganti pakaian dan hijab, karena akan sedikit merepotkan bila merapikan si kecil dengan pakaian dan hijab lengkap

Kita tidak perlu merasa gugup saat menyusui bayi di tempat umum. Menyusui adalah hal yang wajar dan alami, kok. Namun jika kita merasa tidak nyaman, kita dapat memilih cara lain yaitu dengan memerah ASI (breastpump). Biasanya, ASIP (ASI Perah) diberikan ketika ibu sedang bekerja di luar rumah. Nah, jika kita merasa lebih nyaman dengan cara ini, perhatikanlah umur bayi. Usahakan ia sudah memahami cara menyusu yang benar. Karena jika bayi masih terlalu dini dan sudah diberi botol, dikhawatirkan ia akan “bingung puting” dan tidak mau menyusu pada ibunya lagi. 

Ada beberapa informasi mengenai ASIP yang perlu kita ketahui. Berikut di antaranya:

• Perahlah ASI secara teratur. Jika ASI tidak diperah secara teratur, kemungkinan payudara akan membengkak dan tersumbat.

• Siapkan botol kaca untuk menyimpan ASI karena lebih kuat dan tahan bocor. Jika menggunakan kantung plastik khusus ASI, pastikan yang BPA free (bebas Bisphenol A).

• Simpan ASIP dalam jumlah cukup untuk sekali minum (60-120 ml) agar tidak meninggalkan sisa.

• Berilah label di setiap botol ASIP yang berisi keterangan tanggal, waktu pemerahan, jumlah ASIP, dan nama bayi. Gunakan sistem first in first  out untuk pemberian ASIP

Kita bebas menggunakan cara mana pun untuk memberikan ASI kepada bayi, karena ASI adalah hak mereka. Jangan lupa untuk selalu memerhatikan kenyamanan si bayi dan diri kita sendiri.


momspirationsBerbagai tip seputar kehamilan dan menyusui dibahas lengkap dalam buku MOMspirations karya Ola Aswandi. Tidak hanya tip, beragam ide fashion bagi ibu hamil dan menyusui juga tersaji dalam buku ini.

 

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X