Mudah dan Praktis Melaksanakan Haji dan Umrah - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
24390
single,single-post,postid-24390,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive
panduan-haji

Mudah dan Praktis Melaksanakan Haji dan Umrah

Seorang muslim yang memiliki kemampuan (istitha’ah), baik secara materil maupun imateril telah diwajibkan untuk segera melaksanakan ibadah haji ke Baitullah. Tidak semua orang bisa bernasib baik mendapatkan kesempatan melaksanakan ibadah haji ini, sebab ibadah haji adalah ibadah yang melibatkan harta (maliyah), raga (jasadiyah), dan jiwa (ruhiyah).

Dengan demikian, melaksanakan ibadah haji diperlukan banyak hal yang mesti dipenuhi. Mulai dari kesehatan fisik, kelengkapan birokrasi, kelengkapan akomodasi, kecukupan ilmu, kesiapan mental atau jiwa, sampai kepada situasi keamanan dan politik. Tanpa memenuhi kebutuhan-kebutuhan ini, niscaya ibadah haji yang dilaksanakan akan banyak mendapatkan hambatan, bahkan bisa mengakibatkan batalnya atau tidak diterimanya ibadah haji yang kita laksanakan.

Padahal, setiap muslim berharap agar perjalanannya ke Tanah Suci berjalan lancar, aman, dan nyaman. Dan, yang terpenting memperoleh derajat haji mabrur sehingga mendapatkan anugerah masuk surga sebagai balasannya dari Allah SWT. Namun, meraih derajat haji mabrur butuh usaha dan perjuangan yang dilandasi oleh bekal pengetahuan dan ilmu serta perangkat-perangkat lainnya yang memadai.

Kenapa demikian?  Pertama, letak geografis yang jauh dari Indonesia dengan iklim yang berbeda. Kedua, berkumpulnya jutaan muslim dari berbagai penjuru dunia. Ketiga, lamanya waktu pelaksanaan. Keempat, membutuhkan kekuatan fisik dalam menempuh perjalanan dan melaksanakan seluruh kewajiban dalam ibadah haji. Kelima, adanya birokrasi bilateral antarkedua negara (Saudi Arabia dan Indonesia).

Mengingat hal di atas, diperlukannya panduan tepat yang memberikan informasi dan bimbingan bagaimana melaksanakan haji yang baik dan benar. Agar seluruh prosedur perjalanan berjalan lancar, aman, dan nyaman sehingga bisa melaksanakan ibadah dengan khusyuk. Selain itu, agar amalan-amalan ibadah yang dikerjakan tidak keluar dari syariat Islam yang diajarkan Rasulullah saw.

Buku “Panduan Pintar Haji & Umrah”  yang ditulis oleh Ust. H. Bobby Herwibowo, Lc. dan Hj. Indriya R. Dani, S.E. ini sangat tepat dan cerdas memenuhi segala kebutuhan informasi dan bimbingan ibadah haji mulai dari persiapan awal sampai kembali pulang ke tanah air.

Di dalam buku ini dibahas tentang segala persiapan dalam perjalanan haji, seperti memilih biro perjalanan yang tepat, tata cara pendaftaran ibadah haji, persiapan perlengkapan, fisik, mental, spiritual, dan material, dan manasik haji. Juga, panduan saat pemberangkatan haji, yakni sebelum dan selama perjalanan, seperti shalat dalam perjalanan dan saat mendarat di Saudi Arabia.

Pada bab berikutnya, dibahas tata cara pelaksanaan ibadah haji, seperti ketentuan pelaksanaan ibadah haji, trik mencium Hajar Aswad, tip menjaga kesehatan, pelaksanaan umrah, ziarah, shalat arbain, shalat jenazah, serta kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan oleh jemaah haji.

Selain itu, disertai juga panduan dalam kegiatan-kegiatan di luar ibadah haji, seperti belanja, berkomunikasi dengan jemaah dari negara lain, dan menikmati hidangan kuliner khas Arab.  Kemudian ditutup dengan pembahasan persiapan kepulangan dan sesampainya di tanah air.

Buku ini sangat praktis dan memberikan kemudahan-kemudahan bagi calon jemaah haji. Dan sangat bermanfaat dalam menunjang seluruh aktivitas ibadah haji di Tanah Suci. Mudah-mudahan menjadi haji yang makbul dan mabrur! Amin.

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X