@Muslimah_talk; Media Dakwah dengan Puluhan Ribu Follower - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
25537
single,single-post,postid-25537,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive
taaruf-my-way1

@Muslimah_talk; Media Dakwah dengan Puluhan Ribu Follower

taaruf-my-way1Setelah Februari 2014 lalu sukses “melahirkan” karya perdananya yang berjudul Saleha is Me, kini @Muslimah_talk menghadirkan karya keduanya dengan judul Ta’aruf is My Way

Akun @Muslimah_talk sendiri berdiri sejak 13 Desember 2012 dan hingga kini sudah memiliki puluhan ribu follower dengan kepengurusan yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Melalui buku keduanya ini, @Muslimah_talk mencoba berbagi kisah nyata tentang ta’aruf dari mereka yang pernah menjalankannya. 

Ingin tahu lebih dalam tentang akun @Muslimah_talk? Berikut wawancara QultumMedia via surel bersama @Muslimah_talk.

taaruf-is-my-way

Setelah Februari 2014 lalu sukses “melahirkan” karya perdananya yang berjudul Saleha is Me, kini @Muslimah_talk menghadirkan karya keduanya dengan judul Ta’aruf is My Way

Akun @Muslimah_talk sendiri berdiri sejak 13 Desember 2012 dan hingga kini sudah memiliki puluhan ribu follower dengan kepengurusan yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Melalui buku keduanya ini, @Muslimah_talk mencoba berbagi kisah nyata tentang ta’aruf dari mereka yang pernah menjalankannya. 

Ingin tahu lebih dalam tentang akun @Muslimah_talk? Berikut wawancara QultumMedia via surel bersama @Muslimah_talk.

Assalamualaikum. Apa kabar @Muslimah_talk?

Alhamdulillah, baik…

Sekarang sedang sibuk apa?

Sedang mempersiapkan acara milad muslimah talk yang kedua yang in sya Allah akan dilaksanakan bulan depan, berupa santunan untuk anak yatim di salah satu yayasan yatim dan dhuafa di daerah Tangerang. Di sela-sela kesibukan para pengurus @Muslimah_talk yang hanya berjumlah 22 muslimah dan tersebar di berbagai provinsi di indonesia, semoga kami bisa tetap solid menebar kebaikan sekecil apa pun itu.

Apa yang melatarbelakangi dibuatnya akun ini?

Latar belakang berdirinya @Muslimah_talk adalah sebagai bentuk keprihatinan founder-nya akan fenomena berhijab muslimah di Indonesia yang alhamdulillah sudah meluas namun belum dibarengi dengan kesadaran untuk menuntut ilmu agama lebih dalam lagi. Alhasil, banyak bermunculan fenomena wanita yang sudah berhijab tapi tetep pacaran, ke sana-kemari gandengan dengan yang bukan mahram, sudah berhijab tapi bajunya ketat, dsb. Memang semuanya butuh proses, karena itulah lahir akun @Muslimah_talk sebagai pendamping para muslimah agar bisa menjadi muslimah yang kaffah, saleha dunia dan akhirat, in sya Allah

Apa sih yang menjadi fokus perbincangan dalam akun ini? 

Tentunya segala hal seputar dunia muslimah, dari mulai fiqih muslimah, tentang hijab yang sesuai syariat, tentang pacaran, birrul walidain, ta’aruf, khitbah, walimah, dll.

Apa saja kegiatan yang sudah dilakukan @Muslimah_talk selama ini? 

Sebelum membicarakan kegiatan, kami ingin sedikit sharing bahwasannya di @Muslimah_talk ada tiga divisi. Masing-masing divisi ini memiliki kegiatan di ranahnya masing-masing. Program yang sudah berjalan dari tiga divisi di MT (@Muslimah_talk) itu antara lain:

1. Divisi media

Berdakwah dengan pena (memfasilitasi para follower untuk mengirimkan tulisannya ke MT dan akan dimuat di website MT); 

Sharing with MT (followers bisa sharing atau curhat apa pun via email ke MT).

2. Divisi kreatif

Berdakwah dengan gambar (kumpulan pengurus yang kreatif dan jago dalam hal gambar. Para pengurus di bidang ini mempunyai motto one day one artwork. Bukan sekadar artwork, melainkan artwork yang bermuatan dakwah.

3. Divisi sosial

Pelangi Ramadhan (pesantren kilat untuk anak-anak SD sampai SMP yang bekerjasama dengan @HalaqahAnnahl, berlangsung pada Ramadhan tahun 1435 H);

Pengumpulan donasi untuk masyarakat Gaza. Dana didistribusikan melalui Sahabat Al-Aqsha;

Pemeriksaan kesehatan di posko kesehatan Ramadhan;

Kelas kesehatan anak jalanan;

Mini class muslimah corner di islamic fest, dll.

Biasanya, pertanyaan apa sih yang sering dilontarkan oleh follower kepada @Muslimah_talk? 

Lebih banyak follower bertanya seputar fikih muslimah, tapi banyak juga yang hanya sekedar curhat lewat email. Bahkan ada juga yang mengirimkan CV ta’aruf! 

Buku Ta’aruf is My Way berisi tentang apa? 

Kumpulan cerita ta’aruf based on true story berikut ibrah/hikmah yang bisa diambil dari cerita itu. Ada yang berhasil, ada yang gagal, ada yang di-PHP-in, dan banyak lagi cerita seru dan menarik yang recommended banget untuk dibaca, terutama buat yang sedang dan akan melaksanakan proses ta’aruf.

Rencana ke depannya? 

Ingin terus meluaskan lingkaran dakwah, tak sebatas di media saja tapi lebih banyak terjun langsung ke lingkungan masyarakat.

Apa harapan @Muslimah_talk dengan adanya akun ini? 

Harapannya semakin banyak muslimah yang berhijrah menjadi muslimah yang kaffah setelah mengikuti dan membaca ilmu yang tiap hari kami share. Di sini para pengurus bukan berarti sudah baik dalam segala hal. Kami juga masih sama-sama belajar. Besar harapan kami, dengan kehadiran akun ini kami bisa selalu menebar manfaat untuk umat, karena sebaik-baik manusia adalah mereka yang bisa bermanfaat untuk orang lain.


taaruf-my-wayTa’aruf is My Way karya @Muslimah_talk berisi kumpulan kisah nyata para follower @Muslimah_talk tentang ta’aruf. 

 beli

 

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X