Nama-nama Pilihan Terbaik Islami dan Penuh Berkah - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
25405
single,single-post,postid-25405,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive
Kamus-Tematik-Nama-Terbaik-

Nama-nama Pilihan Terbaik Islami dan Penuh Berkah

Mungkin sebagian Anda merasa kesulitan dalam merangkai nama bayi yang indah dan Islami. Menurut hemat kami, hal itu wajar. Pasalnya, memberi nama kepada bayi tersayang, kita tidak boleh sembarangan. Nama bukan perkara sepele dan sekadar nama yang akan ditulis di KTP, Ijazah, atau sertifikat lainnya. Nama adalah identitas yang akan dibawa ke akhirat kelak. Nama juga merupakan doa bagi pemiliknya.

Nah, jika nama yang kita berikan mengandung makna jelek, tentu anak kita di akhirat kelak akan merasa sangat malu jika dipanggil dengan nama tersebut. Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya kamu akan dipanggil pada Hari Kiamat nanti dengan nama-namamu dan juga nama bapak-bapakmu, maka perindahlah nama-namamu.” (HR Imam Abu Daud).

Sedangkan nama yang baik, akan menjadi doa kebaikan dan keberkahan bagi pemiliknya. Karenanya, Rasulullah kerap mengganti nama-nama para sahabatnya yang mengandung makna jelek, mengandung kesyirikan, dan kekufuran menjadi nama-nama Islami yang bermakna baik dan mencerminkan ketaatan. Jika sekarang Anda terlanjur sudah menamakan anak Anda dengan nama yang bermakna kurang baik, Anda pun dapat menggantinya dengan nama Islami dan lebih baik.

Nama seperti apakah yang Islami dan mengandung kebaikan tersebut? Di antaranya, nama-nama yang bermakna cendekia, keindahan, semangat, dan simpati. Nama-nama tersebut, juga dapat merujuk kepada nama-nama nabi, sahabat, tabi’in, dan orang shaleh. Sedangkan bahasa yang digunakan, tidak selalu harus menggunakan bahasa Arab. Anda juga dibolehkan mengambil dari bahasa lain, asalkan tidak bertentangan dengan aturan yang ditetapkan dan mengandung makna kebaikan.

Proses pemilihan nama dapat dimulai sejak bayi di dalam kandungan, bahkan Anda dapat merencanakannya jauh sebelum itu. Kemudian, nama diberikan kepada bayi pada hari pertama atau hari ketujuh setelah kelahiran sang bayi pada acara akikah. Hal ini sebagaimana disebutkan di dalam hadits-hadits Rasulullah dalam riwayat Abu Daud dan Imam Bukhari.

Yazid Subakti, S.Si dan Deri Rizki, S.Gz telah menyediakan panduan dan kelengkapan yang Anda butuhkan dalam memilih, menentukan, dan memberi nama untuk bayi Anda. Penulis telah menyusun buku “Kamus Tematik Nama Terbaik Pembawa Berkah” yang berisi kumpulan nama-nama yang bermakna cendekia, keindahan, semangat, dan bermakna simpati, serta nama-nama keluarga nabi dan pengikutnya, baik untuk bayi laki-laki, perempuan, maupun bayi kembar. Selain itu, dilengkapi juga dengan pembahasan masa kehamilan, masa persalinan, pesan Rasulullah dalam memberi nama bayi.

Artikel Terkait: Memberi Nama Terbaik, Indah, dan Berkah untuk Anak

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X