Panduan Perawatan Kecantikan Holistik - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
24295
post-template-default,single,single-post,postid-24295,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive

Panduan Perawatan Kecantikan Holistik

Di jaman yang serba mengutamakan penampilan, soal perawatan kecantikan menjadi begitu istimewa. Dari wajah, rambut, kulit tubuh, hingga kuku di jari kaki pantas untuk mendapat perhatian khusus. Dan, kebiasaan merawat wajah serta tubuh bukan lagi monopoli kaum perempuan. Maka munculah istilah metroseksual, sebutan bagi kaum lelaki yang suka merawat wajah dan tubuh, serta menjaga penampilan. Gejala ini banyak menyentuh kaum urban di perkotaan.

Di jaman yang serba mengutamakan penampilan, soal perawatan kecantikan menjadi begitu istimewa. Dari wajah, rambut, kulit tubuh, hingga kuku di jari kaki pantas untuk mendapat perhatian khusus. Dan, kebiasaan merawat wajah serta tubuh bukan lagi monopoli kaum perempuan. Maka munculah istilah metroseksual, sebutan bagi kaum lelaki yang suka merawat wajah dan tubuh, serta menjaga penampilan. Gejala ini banyak menyentuh kaum urban di perkotaan.

Kembali pada soal perawatan kecantikan untuk perempuan. Kecantikan bagi perempuan adalah anugerah yang  harus disyukuri. Cara mensyukuri dengan menjaga dan rutin dalam perawatan. Memang bukan hal yang gampang, karena inti dari perawatan adalah rajin dan disiplin membersihkan diri. Tengoklah pada bagian wajah, jika tidak rajin dibersihkan akan timbul komedo, jerawat hingga muncul flek hitam.

Seperti halnya pada Adinda. Adinda memiliki masalah pada wajah karena muncul komedo. dr. Dewi Inong, SP KK, seorang Spesialis Kulit dan Kelamin menunjukkan solusinya. Pertama, cara menghilangkan komedo tertutup adalah dibuka dulu dengan jarum steril dan setelah itu dikeluarkan dengan alat khusus untuk mengeluarkan komedo (komedo ekstraktor) yang juga steril. Kulit harus dalam keadaan bersih dan sebaiknya dilakukan oleh ahlinya (dokter atau perawatnya atau tenaga terlatih).

Kedua, komedo hitam (black head comedo), terlihat seperti titik-titik hitam pada pori-pori kulit wajah. Komedo jenis ini umumnya dihilangkan dengan tindakan facial di salon kecantikan. Atau dengan tindakan facial di salon kecantikan. Atau bisa juga dilakukan sendiri di rumah. Caranya, pertama-pertama bersihkan kulit wajah dengan susu pembersih diikuti dengan sabun wajah (pH 5,5 = pH seimbang) dan dibilas dengan air sampai bersih. Setelah itu wajah diuapi di atas waskom berisi air panas yang masih beruap (bukan mendidih) selama 5-10 menit. Dianjurkan tutup kepala dengan handuk. Tujuan tindakan ini untuk membuka pori kulit sementara waktu supaya komedo lebih mudah dikeluarkan, dan tidak meninggalkan bekas. Setelah itu baru komedo dikeluarkan (dipencet pelan) dengan alat komedo ekstraktor yang sebelumnya sudah direndam alkohol 70%. Jangan dipaksa bila komedo tidak mau keluar. Setelah itu oleskan astringent atau face tonic atau alkohol 70% untuk mencegah infeksi.

Mencegah timbulnya komedo dapat dilakukan dengan rajin teratur membersihkan kulit wajah serta mengurangi makanan berlemak, stres emosional, dan lingkungan berpolusi. Flek di wajah, boleh dicoba dihilangkan dengan krim pemutih relatif aman yang mengandung hidroquinon 2%, AHA, BHA, licorice, bengkoang (pakai malam hari). Jangan lupa pagi dan siang hari antara jam sembilan pagi hingga empat sore degan lotion atau krim pelindung matahari (sunblock).

Umumnya flek memudar setelah lebih dari enam bulan, dengan pemakaian yang rajin, teratur, dan terus menerus. Kalau flek tidak juga hilang sebaiknya diobati oleh dokter.

Artikel di atas di ambil dari buku Beauty Guide yang berisi tip praktis soal perawatan kecantikan Muslimah dari ujung rambut sampai ujung kaki. Buku ini berisi berbagai upaya mengatasi berbagai jenis jerawat, memilih pembersih wajah yang baik, mengatasi beragam penyakit kulit, mengatasi keputihan, perawatan pasca melahirkan, tips kerudung yang sehat, dan lain sebagainya.

Dalam buku Beauty Guide,  pun dibahas soal herpes pada kelamin, kelainan kulit pada paha, selulit, kanker kulit, dan lainnya. Kumpulan persoalan dan solusinya ini pernah dimuat di rubrik kecantikan majalah UMMI yang diasuh oleh dr. Dewi Inong, SP KK. Buku panduan perawatan kecantikan secara holistik ini diterbitkan oleh QultumMedia.

 

 

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X