Pentingnya Mempersiapkan Kehamilan dan Kelahiran - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
24634
single,single-post,postid-24634,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive
panduan-pintar-hamil

Pentingnya Mempersiapkan Kehamilan dan Kelahiran

Anda seorang wanita? Jika benar, ada hal yang sangat penting diketahui ilmunya, yaitu perihal kehamilan. Normalnya, setiap wanita akan mengalami fase ini karena telah menjadi kodrat yang tidak bisa dicegah atau ditukar.

Sementara itu, kematian ibu karena kehamilan dan persalinan sangat tinggi. Di Indonesia, 420 wanita meninggal per 100.000 orang. Salah satu penyebabnya ialah haemorrhage (pendarahan) 30%, infeksi 12%, dan penyebab lain yang mencerminkan kurangnya perawatan ibu terhadap kehamilannya.

Fase kehamilan adalah masa penting bagi ibu dalam perkembangan anak yang dikandungnya. Proses kehamilan ini menjadi salah satu penentu masa depan anaknya, setelah lahir. Jika mendapatkan perawatan yang baik, bayi pun akan lahir selamat, sehat, dan normal.

Sebaliknya, kesalahan ibu dalam merawat kehamilannya bisa berakibat fatal, baik bagi dirinya maupun jabang bayi. Banyak kasus kematian, keguguran, dan sederet akibat buruk kecelakaan pada masa kehamilan.

Di dalam Islam, faktor-faktor yang membahayakan menjadi hal yang mesti dicegah. Apalagi berhubungan dengan nyawa seseorang, hukumnya pun menjadi wajib. Oleh sebab itu, sang ibu mesti menyadari kewajibannya merawat kandungannya dengan bekal ilmu yang memadai.

Setiap ibu wajib mengetahui tahapan-tahapan perkembangan kandungannya. Kemudian diselaraskan dengan seluruh tindakan yang mesti dilakukan sesuai tahapannya. Misalnya, berhubungan dengan nutrisi, gerakan, dan perihal tindakan-tindakan pencegahan.

Lebih menarik lagi, ibu juga bisa membangun komunikasi dengan jabang bayinya. Sang ibu bisa mendidik bayi dalam kandungannya dalam mengondisikan beberapa hal. Seolah ibu mengajarkan kepada bayinya apa yang harus dilakukannya di dalam kandungan. Misalnya, ketika bayi bergerak.

Buku “Panduan Pintar Kehamilan untuk Muslimah” yang ditulis Yazid Subakti, S.Si bersama Deri Rizki Anggaran, S.Gz ini memberi kelengkapan yang dibutuhkan seorang ibu dalam mengetahui berbagai tindakan yang mesti dilakukan ketika hamil.

Buku yang diterbitkan QultumMedia ini menjelaskan secara detil seputar kehamilan, mulai dari prosesnya di usia subur, fase empat trimester kehamilan, sampai menuju masa persalinan. Setiap fase, proses, perkembangan, dan masalah diberikan solusi atau tindakan-tindakan yang mesti dilakukan.

Selain itu, buku ini dilengkapi dengan doa dan zikir ibu hamil sehingga ibu bisa memohon langsung kepada Allah SWT  tentang nasib kehamilan dan bayinya sesuai yang diharapkan. Jika ibu merasa kesulitan memberikan nama bagi sang bayi, di dalam buku ini telah disertakan rangkaian nama bayi Islami.

Tidak berlebihan jika Prof. Dr. KH. Miftah Faridl, guru besar ITB, mengomentari buku setebal 289 halaman ini, “Buku ini sarat informasi dan petunjuk tentang apa yang seharusnya dilakukan oleh wanita yang sedang hamil. Penting untuk dibaca.”

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X