Pintar Sejarah Para Nabi dan Zoologi Melalui Al-Qur`an - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
24355
post-template-default,single,single-post,postid-24355,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive

Pintar Sejarah Para Nabi dan Zoologi Melalui Al-Qur`an

Al-Qur`an adalah kitab suci yang menjadi pedoman hidup dan dasar setiap derap langkah manusia "bersafar" (berjalan) menuju "Rabb"nya. Pedoman itu memuat seperangkat nilai dari berbagai persoalan yang mengatur hubungan manusia dengan Allah, dan hubungan manusia dengan manusia serta hubungannya dengan alam sekitar. Pendeknya, Al-Qur’an mengatur segala kepentingan manusia agar ia memperoleh kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Melalui keagungan rahman rahim Allah, para hamba pencinta Al-Qur’an sebagai penjabaran ajaran Islam dan pembenaran "Risalah Muhammadiyah" (kerasulan Nabi Muhammad saw.), dikaruniakan kepadanya kepahaman agama, keluasan pengetahuan, kelapangan rezeki, dan kebahagiaan batin tak terhingga, Insya Allah. Dan sebagai salah satu pertanda kenyataan rahman-Nya kepada hamba beroleh cahaya bimbingan, telah hadir di hadapan para pembaca budiman sebuah karya bermutu "Buku Pintar Al-Qur`an untuk Anak" yang ditulis Abdullah Zaedan.

Buku Pintar Al-Qur`an untuk Anak merupakan bahan bacaan yang memiliki andil besar dalam mengokohkan pengetahuan keislaman dan media dakwah progresif bagi generasi muslim masa kini. Sebab, misi dakwah sekarang dan selanjutnya belum mencapai masa "finish" yang berarti dunia telah berakhir. Karenanya, sangat penting membekali semua generasi dalam berbagai tingkatan usia sejak kanak-kanak, remaja, dewasa dan lanjut usia melalui pendekatan persuasif dan fleksibel yang mudah diterima.

Buku Pintar Al-Qur`an untuk Anak sebagai media dakwah progresif tidak berarti melupakan kenyataan masa lalu yang penuh pelajaran berharga, tetapi justru nilai "progress"nya terletak pada unsur klasik sebagai peristiwa "fenomenal" yang senantiasa dialami semua generasi secara berulang-ulang. Buku Pintar Al-Qur’an untuk anak memulakan langkah aktual dengan pembahasan fenomena alam: bintang, matahari, bumi, bulan, dan seterusnya, kemudian memperkenalkan dunia ilmu pengetahuan yang terdiri dari manusia, hewan dan tumbuhan serta alam sekitar: darat, laut, dan udara.

Pendalaman keislaman dalam Buku Pintar Al-Qur`an untuk Anak ini menyuguhkan proses penciptaan alam semesta, fungsi benda-benda langit, hubungan pergeseran waktu, dan peredaran benda langit, kesempurnaan alam semesta, tujuan diciptakannya alam semesta, dan kehancuran total alam tersebut.

Alam semesta antara lain bumi dan segenap isinya termasuk gunung, lautan, hewan, tumbuhan, dan semua diciptakan untuk sarana tercapainya misi Allah mendapatkan amanah kepemimpinan kepada makhluk yang penciptaannya sangatlah sempurna, yaitu manusia. Dan begitu "kasihnya" Allah terhadap manusia, Dia utus para Nabi teladan untuk memandu dan membimbing umatnya ke arah-Nya. Oleh karena itu, mampukah kita sebagai generasi abad ini "menyusuri jejak" mereka di berbagai penjuru negeri melalui kisah-kisah panutan untuk diikuti?

Para Rasul Allah itu, memang patut mendapat penghargaan karena ketaatannya kepada Allah, dan melalui peninggalan bersejarah yang mampu diabadikan membuat Al-Qur`an semakin terbukti kemukjizatannya. Buku Pintar Al-Qur`an ini menguak tabir fakta umat-umat terdahulu menjadi nyata, seakan peristiwa-peristiwa masa lalu itu sedang terjadi dan akan terjadi berulang kali di hadapan generasi-generasi sepanjang zaman. Hal lain yang patut dicermati bersama adalah Buku Pintar Al-Qur`an untuk Anak ini seakan memiliki daya pikat bagi para pembaca yang keberadaan dirinya saat membaca dapat terbang mengarungi rentetan peristiwa-peristiwa itu. Oleh karenanya, dari satu sisi Buku Pintar Al-Qur’an untuk Anak ini berfungsi sebagai pemandu untuk mengantarkan kepada ketenangan hati, dan pada sisi lain akan membekali pengetahuan tentang tabel ayat, nomor surat, dan intisari positif yang akan dijabarkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hanya Allah Pemilik kesempurnaan, dan karena Allah-lah rencana dapat dijalankan serta kepada Allah jualah semua persoalan diserahkan. Kehadiran "Buku Pintar Al-Qur`an untuk Anak" ini menjadi penyemarak lesunya dunia ke-Islaman dan keberadaannya mampu menciptakan pelita di kegelapan serta langkah permulaan yang patut dilanggengkan.

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X