Satu Kesulitan Seribu Jalan Keluar dari Allah - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
25167
single,single-post,postid-25167,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive
Berjuta_Cara_Melobi_Tuhan

Satu Kesulitan Seribu Jalan Keluar dari Allah

Berjuta_Cara_Melobi_TuhanAllah selalu memberikan kemudahan dari setiap kesulitan. Selalu memberikan jalan keluar dari setiap permasalahan. Di dalam surat Al-Insyirah ayat 5–6, Dia telah menegaskan, “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan.” Kemudahan ini Allah berikan untuk hamba-Nya sebagai rahmat yang tidak terhingga nilainya.

Pun demikian, memang kesulitan itu sendiri Allah yang menciptakan untuk makhluk-Nya sebagai mekanisme sunatullah. Allah berbuat demikian bukan berarti hendak menyusahkan makhluk-Nya, namun sebagai ujian agar hamba-Nya dapat meraup pahala dengan kesabarannya. Selain itu, kesulitan juga menjadi sebuah pelajaran agar bisa diambil hikmahnya dalam menjalani kehidupan selanjutnya, baik bagi dirinya maupun bagi orang lain.

Tanpa kesulitan, seseorang belum tentu menjadi kuat imannya. Tanpa kesulitan, belum tentu seseorang menjadi cerdas. Tanpa kesulitan, belum tentu pula seseorang bisa belajar tentang arti penderitaan dan kebahagiaan. Tanpa kesulitan, belum tentu seseorang mengerti akan kebesaran Allah SWT. Kesulitan adalah laksana pintu yang mesti kita buka dengan agar kita bisa memasuki sebuah ruang yang luas dan bisa mendapatkan isinya yang melimpah ruah. Dan, kunci pembukanya adalah kesabaran.

Kesulitan tidak hanya menerpa orang-orang biasa seperti kita. Para Rasul dan Nabi juga mendapatkan kesulitan, bahkan lebih besar lagi. Kesulitan ini mereka alami mulai dari faktor himpitan materi, cercaan, hinaan, penganiayaan, hingga ancaman pembunuhan. Namun, mereka tetap bersabar sehingga Allah semakin mencintai mereka dan memberinya jalan keluar sebagai bukti bahwa Allah selalu dekat dengan orang-orang yang bersabar.

Kita ambil saja beberapa kisah perjalanan para Rasul. Nabi Muhammad ketika memulai dakwahnya dalam menyerukan Islam kepada penduduk Mekah. Kesulitan demi kesulitan selalu menyertai hari-hari beliau. Lalu Allah memberinya jalan keluar atas kesabaran beliau. Nabi Ibrahim hampir saja terbakar hangus oleh Raja Namrud, namun Allah menjadikan dingin api yang membakarnya. Nabi Musa sudah hampir tertangkap oleh Firaun, namun Allah melindunginya dengan membelahkan lautan untuknya.

Allah punya caranya sendiri dalam memberikan kemudahan dan jalan keluar bagi setiap hambanya, baik berupa mukjizat, karomah, ma’unah, maupun cara-cara lainnya yang tidak terdefinisikan oleh kita. Allah akan mengabulkan permintaan kita jika kita berdoa. Allah akan mendekati kita, jika kita mendekatkan diri kepada-Nya. Allah akan menolong kita, jika kita berharap akan pertolongan-Nya. Akan ada seribu jalan keluar dari satu kesulitan yang diberikan untuk hamba-Nya yang bersabar.

Buku Berjuta Cara Melobi Tuhan ini adalah bagian dari tetesan-tetesan hikmah yang disusun oleh Imam Sibawaih El-Hasany yang bisa menjadi inspirasi besar buat Anda. Penulis menghadirkan kisah orang-orang beriman yang sedang diuji oleh Allah SWT dengan berbagai cobaan dan kesulitan hidup, lalu Allah memberinya jalan keluar atas keimanan, kesabaran, dan doanya.

Di dalam buku terbitan QultumMedia ini dibagi ke dalam tiga bagian. Bagian pertama adalah kisah kesulitan para nabi dalam menjalani dakwahnya untuk beriman kepada Allah SWT. Pada bagian kedua, kisah-kisah orang mukmin yang mengalami kesulitan dengan pihak penguasa. Sedangkan pada bagian ketiga, kisah-kisah menakjubkan dari mereka yang mendapatkan kesulitan dalam berbagai tema yang berbeda.

Sebagaimana harapan penulisnya, buku ini insyaAllah akan memberikan setetes ketenangan di hati siap saja yang sedang mendapat cobaan dan kesulitan hidup. Pasalnya, kisah-kisah teladan di dalamnya terdapat telaga bening yang mampu menumbuhkan berbagai harapan, semangat, kesejukan, dan keindahan tersendiri bagi yang ingin meneguknya.

 

 

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X