Senandung Cahaya Islam Melalui Pop Religi - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
24311
post-template-default,single,single-post,postid-24311,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive

Senandung Cahaya Islam Melalui Pop Religi

Islam tidak hanya disuarakan melalui ceramah dan tulisan, tapi bisa juga melalui senandung lagu. Bahkan, melalui lagu islami, penyampaian nilai-nilai Islam bisa menyentuh dan bergandengan dengan para penggemar musik.

Pada zaman dahulu, pada permulaan masuknya Islam di Indonesia, para dai dari kalangan Wali Songo menjadikan musik sebagai media dakwah. Dan, ternyata efektif. Pasalnya, penyampaian dakwah tidak akan sampai kepada sasarannya apabila tidak membaur dan mengakomodasi dengan perilaku, kebudayaan, dan keadaan masyarakat. Singkatnya, apa yang selalu mereka kerjakan dan mereka sukai, di sanalah kita bisa menjadikannya media untuk berdakwah.

Dengan cara di atas, mereka akan secara langsung menerima pesan-pesan yang disampaikan tanpa mencegah apa yang mereka sukai. Justru, dengan cara seperti ini, mereka akan terasa lebih menikmati, ketimbang terpaksa.

Kita ambil satu contoh. Bahwa kebanyakan orang-orang yang mau mendengarkan ceramah dan ajaran Islam, misalnya di masjid, majelis taklim, atau acara-acara khusus, adalah orang-orang yang memang sudah memiliki kecenderungan kuat terhadap nilai-nilai agama. Sedangkan, sebaliknya, orang-orang yang memiliki kecenderungan lemah atau bahkan tidak memiliki simpati sama sekali terhadap nilai-nilai agama, mereka tidak mendatangi tempat-tempat tersebut. Akibatnya, nilai-nilai agama tidak akan pernah sampai terdengar sama sekali oleh mereka.

Hal semacam ini bisa dilakukan di antaranya melalui pop religi dan nasyid. Keuntungannya, pesan-pesan Islam akan sampai kepada mereka, tanpa mengganggu kegemaran mereka sekaligus mengalihkan dari hal-hal buruk ke hal yang positif, yakni dari lagu-lagu yang berbau kekerasan, fantasi, dan bahkan seksualitas teralihkan ke lagu-lagu yang bernuansa religi.

Kali ini, QultumMedia menerbitkan sebuah buku Kumpulan Akor Gitar Lagu Pop Religi yang disusun oleh Roni Ahmad. Dalam buku ini, kawula muda dan insan musik Indonesia selain bisa menyanyikan lagu-lagu pop religi dan lagu-lagu nasyid, juga sekaligus bisa mengiringinya dengan gitar. Sebab, lirik-lirik lagu yang terdapat di dalam buku ini dilengkapi juga dengan akor gitarnya. Di antara lagu yang tercantum, adalah lagu-lagu yang pernah dinyanyikan oleh kelompok band Ungu, Gigi, Haddad Aloi, Bimbo, Raihan, dan Opick. Lagu-lagu tersebut, tidak kalah merdu dan syahdunya dengan lagu-lagu dari jenis aliran musik lain.

Buku ini sangat bermanfaat sekali, baik bagi kalangan awam maupun pencinta musik. Sebab, dengan menyanyikan dan mendengarkan lagu-lagu jenis ini, selain akan terhibur juga tercerahkan.

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X