Trik Jitu dan Mudah Agar Anak Rajin Beribadah - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
25295
single,single-post,postid-25295,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive
terbukti-mendidik-anak-ala-rasullah-untuk-rajin-beribadah-itu-mudah

Trik Jitu dan Mudah Agar Anak Rajin Beribadah

terbukti-mendidik-anak-ala-rasullah-untuk-rajin-beribadah-itu-mudahSejak dari kandungan, anak sudah mampu menerima sinyal atau pesan yang disampaikan oleh orangtuanya. Mereka akan menerima sinyal-sinyal tersebut ke dalam otaknya sehingga membentuk memori tertentu hingga ke level bawah otak sadarnya. Memori tersebut memiliki pengaruh ke depannya ketika ia lahir dan berkembang. Bahkan, penelitian sudah membuktikan bahwa bayi di dalam rahim mampu merespons bacaan-bacaan Al-Qur`an yang diperdengarkan, baik melalui bacaan sang ibu maupun oleh orang lain.

 

Selanjutnya, ketika mereka lahir ke dunia, kita juga dianjurkan untuk melantunkan azan di telinga kanannya, dan iqamat di telinga kirinya. Kenapa demikian? Ini merupakan tarbiyah awal yang harus dilakukan orangtua untuk memperkenalkannya dengan Allah yang telah menciptakannya. Pada usia 0 hingga tahun-tahun berikutnya, anak akan terus menampung informasi melalui seluruh inderanya. Laksana kertas putih yang masih kosong, akan diisi oleh tulisan-tulisan yang dibuat oleh orang-orang sekitarnya.

Nah, pada fase ini, kitalah yang paling bertanggung jawab menulis apa yang wajib ditulis dan mencegah yang tidak wajib ditulis dalam kertas kosong tersebut. Tulisan-tulisan yang kita buat  akan membentuk karakter atau kepribadian si anak. Karenanya, pada usia ini, jangan sampai orangtua menyia-nyiakannya. Berilah tulisan pada si anak, dengan bimbingan yang baik tentang tauhid, shalat, tanggung jawab, disiplin, dan hal-hal lainnya yang positif.

Mendidik anak dalam perkara ibadah, sebenarnya bisa dibilang mudah dan menyenangkan. Tergantung bagaimana kita mampu membawa suasananya bagi si anak. Metodenya cukup sederhana, tidak berbelet-belit. Yang paling penting, memiliki kesabaran dalam melakukan prosesnya. Di antara metode-metode yang sudah terbukti efektif telah banyak diterapkan oleh para orangtua melalui pengalaman mereka dalam menanamkan nilai ibadah kepada anak.

Apakah metode-metode tersebut? Berbagai metode ini telah dirangkumg dalam sebuah buku yang diterbitkan QultumMedia dengan judul, “Terbukti Mendidik Anak ala Rasulullah untuk Rajin Beribadah Itu Mudah”. Buku ini berrupa tutur jujur dari para orangtua yang telah berhasil mengajarkan anak-anaknya mengenai ibadah dan aspek ajaran akhlak dengan cara yang menyenangkan, mudah, dan jitu.

Buku ini disusun oleh Aminah Mustari, dkk. yang berisi lebih dari 30 kisah sukses mencetak anak yang sholeh dengan kasih sayang, mulai dari pembelajaran selagi mereka di dalam rahim, ketika mereka baru lahir, pengenalan asma pertama kepada Rabb-nya, wudhu, shalat, puasa, sedekah, berdoa, bahkan ketika mereka pertama kali dinyatakan baligh.

 

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X