Tuntunan Lengkap Belajar Agama Islam - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
24988
single,single-post,postid-24988,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive
buku-panduan-lengkap-islam

Tuntunan Lengkap Belajar Agama Islam

buku-panduan-lengkap-islamIslam is the tourch of the darkness adalah ungkapan yang menjadi jargon jutaan umat manusia sejagat. Agama Islam adalah cahaya yang menerangi setiap sudut kegelapan pada ranah kehidupan. Agama yang senantiasa menjamin keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Agama sempurna yang mempunyai sendi sentral dalam mengarahkan, membimbing, dan memberikan petunjuk ke jalan yang benar.

Pada dasarnya, ajaran Islam adalah ajaran yang sangat mudah untuk dipelajari dan diamalkan oleh siapa pun. Secara garis besar, ajaran Islam dapat diklasifikasikan menjadi dua: ajaran yang bersifat praktis dan yang bersifat teoritis.

Ajaran Islam praktis mendapatkan porsi lebih di dalam kehidupan sehari-hari atau ajaran yang dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan ajaran Islam teoritis, berbentuk khazanah intelektual keislaman secara umum yang meliputi berbagai disiplin ilmu.

Ajaran yang bersifat teoritis ini bukan berarti tidak diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi ada juga sebagian ilmu yang memang menjadi bekal dalam kehidupan sehari-hari. Ajaran ini lebih berbentuk literatur pengetahuan yang harus diketahui, dipahami, dan diamalkan tentunya.

“Buku Panduan Lengkap Agama Islam” terbitan QultumMedia ini merupakan kumpulan pengetahuan tentang ajaran Islam yang bersifat praktis sebagai bekal dan panduan dalam menjalankan syariat Allah dan Rasul-Nya.

Secara keseluruhan, buku yang disusun oleh Tim Darul Ilmi ini menyajikan lima bab pembahasan. Bab pertama membahas seputar akidah dan tauhid yang menjadi pokok dari keislaman seseorang. Bab ini disajikan secara ringkas dan pembahasannya menjabarkan dari rukun iman.

Bab kedua membahas seputar ibadah. Di dalam bab ini disajikan pembahasan berbagai macam ibadah, baik yang wajib maupun yang sunah. Bab ini merupakan penjabaran dari rukun Islam. Khusus untuk pemabahasan syahadat yang menjadi rukun pertama dari rukun Islam, disajikan di bab sebelumnya. Pertimbangannya karena syahadat termasuk pada keyakinan sehingga dimasukkan ke dalam pembahasan akidah dan tauhid.

Bab ketiga, membahas seputar syariat dan hukum secara khusus. Khusus di sini dalam pengertian bahwa syariat dan hukum ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan ilmu fikih. Kami membagi bahasan dalam bab ini kepada empat bagian. Pertama, fiqih mu’amalah, yaitu pembahasan ekonomi. Kedua, fiqih jinayah, yaitu ilmu yang membahas tentang hukum pidana. Ketiga, fiqih siyasah, yaitu fikih yang membahas politik dan ketatanegaraan. Keempat, fiqih al-ahwal asy-syakhshiyah, fiqih ini membahas urusan-urusan yang berhubungan dengan keluarga dan rumah tangga. Pembahasannya meliputi hal-hal yang berhubungan dengan pernikahan dan waris (munakahat & mawarits).

Bab keempat, membahas tentang makanan, minuman dan penyembelihan dalam Islam. Bab ini membahas tentang kategori (halal-haram) makanan dan minuman dan tentang cara-cara penyembelihan hewan dalam Islam.

Bab kelima, membahas tentang akhlak dan etika dalam Islam. Bab ini membahas akhlak secara umum, mulai dari pengertian sampai kategori akhlak yang meliputi akhlak baik dan akhlak buruk. Sedangkan dalam etika, dibahas etika atau keharusan-keharusan seorang muslim beretika sehari-hari, mulai dari hal yang kecil sampai hal yang besar.

Pembahasan buku ini mencakup segala macam tuntunan dan aturan bagi seorang muslim dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, penjelasannya sederhana dan singkat, karena hanya membahas hal-hal yang pokok. Meskipun demikian, pembahasannya tetap dilengkapi dengan dalil-dalil Al-Qur`an dan hadits. Oleh sebab itu, buku ini amat praktis sehingga cocok untuk siapa saja yang ingin belajar Islam.

 

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X