Vbi Djenggotten dan Kecintaannya Pada Komik Keislaman - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
25878
single,single-post,postid-25878,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive
vbi jenggotan

Vbi Djenggotten dan Kecintaannya Pada Komik Keislaman

Islam Sehari-hari (Reborn) adalah komik yang berisi kisah menggelitik penuh kritik seputar gaya hidup Muslim yang ditilik dari kacamata komikus VBI_Djenggotten. Hal-hal remeh dan terabaikan, namun penting ternyata menjadi kebiasaan dalam keseharian Muslim perkotaan di Indonesia digambarkan lebih sederhana dan terkadang penuh satir serta sindiran. Bahasa komik. Apa saja? Yuk, kita gali seputar komik terbarunya dengan VBI_Djenggoten.

Hai, apa kabar, Mas Vby? Kapan pertama kali menerbitkan komik bertema keislaman?
Alhamdulillaah, dinamis 🙂 Komik Islam pertama sekitar tahun 2011. 

Apa kesibukannya sekarang selain membuat komik?
Merintis branding kaos, dan belajar panahan.

Dari sederet komik yang dibuat, tema apa yang paling menarik untuk digarap?
Tema Islam, karena saya sekaligus belajar lebih banyak tentang agama saya.

Bisa diceritakan proses kreatif pembuatan komik Islam Sehari-hari Reborn?
Berawal dari kegelisahan saya terhadap realitas masyarakat Indonesia, yang di atas kertas adalah muslim, tapi dalam praktiknya masih belum cukup paham dengan Islam, bahkan malah ada yang memusuhi ajarannya. Kok bisa? Kalau saya simpulkan sih, karena mereka belum tahu, tapi merasa sudah cukup tahu.

Nah, dari situlah saya terpikir untuk menyampaikan kegelisahan saya dengan cara yang ringan.

Inspirasi komik ini berasal dari mana?
Kebanyakan dari peristiwa yang saya saksikan sendiri. Baik ketika berkendara di jalanan, lingkungan rumah, kantor, maupun melalui media massa.

Hal tersulit apa saat mengeksekusi komik Islam Sehari-hari?
Mencari referensi yang valid terkait permasalahan yang ada. Saya menghindari hal-hal yang bersifat khilafiyah, agar tidak menimbulkan perdebatan. Daaaaan….yang paling sulit juga adalah beban moralnya.

Apa yang membedakan komik ini dengan komik Islam Sehari-hari terdahulu?
Ada tambahan bab baru mengenai isu dan fitnah yang sedang dihadapi umat Islam saat ini, yaitu fenomena mudahnya memberi label radikal hanya karena melihat tampilan luar, tanpa mengenali lebih dalam.

Bagian komik mana yang paling disukai Mas Vby dan mengapa?
Quote di halaman pertama. Sebuah kesalahan apabila dilakukan secara berulang, lama-lama bisa jadi pembenaran.  Ini yang terjadi saat ini. Sebenarnya bukan yang paling saya sukai, tapi quote ini yang mendasari lahirnya ide komik ini.

Kalo bagian komik mananya, saya suka semuanya….

Secara umum, pesan apa yang ingin disampaikan dalam komik Islam Sehari-hari Reborn?
Itu tadi, quote pada halaman pertama. Kesalahan yang terkesan kecil, tapi terus diulang, lama-lama menjadi kabur, dan akhirnya dianggap kebenaran. Hal yang bertentangan dengan Islam, karena dilakukan berulang-ulang, akhirnya kabur, lalu dianggap sebagai suatu kebenaran…

Bisa dijelaskan mengapa satu gambar komik lebih mudah dicerna dibandingkan lewat tulisan?

Bahasa gambar adalah bahasa yang universal. Anak-anak pun lebih cepat mengerti bahasa visual. Ada banyak bahasa untuk mengatakan senyum. Bisa ‘smile’, ‘ngguyu’ dan lain-lain. Namun, yang mampu memahami hanya mereka yang mengerti bahasa tersebut.

Bila kata senyum dalam bahasa Indonesia diganti dengan emoticon senyum, semua orang dari Afrika sampai Australia insya Allah paham dengan pesan yang dimaksud.

 

No Comments

Post a Comment

X

Pin It on Pinterest

X