Perasaan Orang Lain Pun Perlu Kita Jaga - Qultum Media
Qultummedia adalah penerbit buku islami
Qultummedia, qultum, novel islami, ibadah, buku, motivasi, pengembangan diri,
27697
post-template-default,single,single-post,postid-27697,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-child-theme-ver-1.0.0,select-theme-ver-4.2,menu-animation-line-through,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.1,vc_responsive

Perasaan Orang Lain Pun Perlu Kita Jaga

Perasaan orang lain juga harus kita jaga, bukan hanya perasaan kita saja.

Ketika masalah terlalu sulit untuk diselesaikan, emosi dan perasaan kita menjadi tidak stabil. Akibatnya, kita mudah melampiaskannya pada orang lain.

Kadang, kita lupa bahwa yang dapat masalah dalam hidup ini bukan kita saja. Kita terlalu memikirkan ego sendiri, hingga tak ingat bahwa mungkin masalah kita tidaklah seberapa dibanding masalah orang lain.

Bermula dari Perasaan yang Tertekan

Saat kesibukan semakin hari semakin bertambah, kita mencoba menyelesaikannya satu persatu. Awalnya memang terkesan biasa saja, namun di belakangnya diri kita tidak selalu kuat untuk menanggungnya.

Akibat tak siap menanggung beban, akhirnya kita melampiaskannya pada orang yang salah. Pada teman, kerabat, atau bahkan orangtua kita.

Melampiaskan perasaan memang boleh-boleh saja, asalkan dengan cara dan di waktu yang tepat. Perlu diingat, bukan hati kita saja yang lelah. Bukan kita saja yang punya masalah. Orang lain saja bisa menahan amarahnya, kenapa kita begitu mudah melampiaskannya?

Hati orang lain pun mesti kita jaga. Luka yang ada di hati bisa kita obati. Dengan izin Allah, insya Allah akan sembuh. Namun jika orang lain terluka karena kita, masalahnya tak lagi sederhana, sebab kita harus mendapatkan maafnya.

Mungkin tugas kuliah membuat kita penat. Pekerjaan yang ada membuat kita tak bisa beristirahat. Atau mungkin yang sudah berkeluarga, keluhan pasangan menjadikan hidup tak lagi nikmat.

Mengadukan Perasaan kepada Yang Maha Menggenggam

Jika itu semua sedang kita rasakan, maka tenangkan diri kita sejenak. Pikirkan ulang bahwa inilah jalan hidup yang kita ambil. Seharusnya rintangan yang ada hanya kita yang merasakan, tak perlu membuat orang lain terluka karena masalah kita sendiri.

Ketika hati sudah terlalu lelah, luangkanlah waktu untuk bertemu dengan-Nya. Memang masalah tak langsung selesai, tapi setidaknya Allah akan menenangkan kita dari sulitnya masalah yang ada.

Jangan patah semangat. Sulitnya hidup hanya sebagian kecil dari manisnya hasil yang akan Allah berikan nanti.

Jagalah hati kita dan hati orang lain. Tak perlu melampiaskan perasaan kita secara berlebihan, sebab orang lain pun punya masalah yang harus diselesaikan.

BACA ARTIKEL TERKAIT

Tags:
No Comments

Post a Comment

Pin It on Pinterest

WhatsApp chat